Cara Mudah Menggunakan Fitur Share Location di Whatsapp

Whatsapp salah satu aplikasi pengiriman pesan yang hampir setiap orang pengguna smartphone memakainya. Pada awal aplikasi ini diluncurkan secara perlahan popularitasnya menyaingi BlackBerry Messenger (BBM). Saat ini pengguna aplikasi Whatsapp sudah mencapai lebih dari 1 miliar. Aplikasi ini didukung banyak fitur menarik, dimana pengguna dapat melakukan video call dan juga berbagi file baik berupa gambar, suara, video dan lainnya. Semenjak aplikasi ini diakuisisi oleh Facebook, aplikasi ini terus melakukan perkembangan fitur untuk menjawab kebutuhan user. Saat ini Whatsapp juga sudah dilengkapi dengan fitur terbaru yaitu share location.

Cara Mudah Menggunakan Fitur Share Location di Whatsapp

Fitur share location berarti fitur yang digunakan untuk berbagi lokasi terkini membantu Anda untuk membagikan informasi lokasi real-time kepada orang lain. Fitur share location ini terdapat dua tipe lokasi, yaitu tipe lokasi live dan statis. Fitur ini juga mendukung Anda untuk mengatur bagaimana dan berapa lama waktu Anda untuk berbagi informasi ini.

Fitur ini terenkripsi secara end to end, dimana orang lain tidak dapat mengetahui lokasi Anda terkini kecuali orang yang Anda bagikan lokasi terkini. Tips berikut ini memberikan informasi bagaimana cara yang mudah untuk menggunakan fitur share location di aplikasi Whatsapp.

Tips Mudah Menggunakan Fitur Share Location di Whatsapp
Tips Cara Menggunakan Fitur share location Secara Live

  1. Langkah awal Anda harus memastikan bahwa aplikasi Whatsapp sudah terinstall di perangkat yang Anda pakai. Selanjutnya buka aplikasi Whatsapp tersebut.
  2. Langkah selanjutnya carilah kontak teman yang akan Anda chat menggunakan fitur share location ini. Penggunaan fitur share location ini bisa berupa chat secara personal atau melalui grup.
  3. Setelah Anda masuk ke tampilan room chat, maka Anda dapat menekan tombol yang bertuliskan Attachment dengan simbol gambar Paper clip yang terletak dibagian bawah.
  4. Pada halaman tersebut akan muncul beberapa menu pilihan lain, Anda dapat memilih menu Location yang bersimbol gambar peta.
  5. Tampilan akan berubah, Anda dapat memilih menu Share Live Location.
  6. Setelah itu Anda dapat mengatur durasi untuk memunculkan lokasi secara live dengan pilihan durasi waktu dari 15 menit, 1 jam hingga 8 jam.
  7. Anda juga dapat menambahkan komentar atau keterangan tambahan dibawah pilihan durasi lokasi.
  8. Setelah Anda memilih durasi dan mengisi kolom komentar, selanjutnya Anda dapat menekan tombol Send dengan simbol panah ke arah kanan yang berwarna hijau.
  9. Tampilan pada layar akan berubah, live location yang Anda bagikan akan disematkan di room chat dengan teman atau grup yang Anda pilih.

Tips Cara Menggunakan Fitur share location Secara Statis

  1. Langkah awal masih sama seperti penjelasan diatas, Anda buka aplikasi Whatsapp di smartphone yang dipakai.
  2. Langkah selanjutnya masuk ke room chat yang Anda pilih, Anda dapat langsung menekan tombol yang bertuliskan Attachment dengan simbol gambar Paper clip yang terletak dibagian bawah.
  3. Pada halaman tersebut akan muncul beberapa menu pilihan lain, Anda dapat memilih menu Location yang bersimbol gambar peta.
  4. Selanjutnya akan muncul tampilan share location, Anda dapat memilih Sent your current location.
  5. Tampilan pada layar akan berubah, lokasi statis yang Anda bagikan akan disematkan di room chat dengan teman atau grup yang Anda pilih.

Sebenarnya Anda juga dapat menambahkan lokasi sesuai dengan nama tempat yang akan dituju. Apabila lokasi statis ini dibuka oleh teman Anda secara otomatis akan tersambung ke aplikasi Google Maps sehingga teman Anda dapat mengetahui arah dari titik awal menuju ke lokasi statis yang Anda bagikan. Mudah bukan cara untuk menggunakan fitur share location ini cukup hanya dengan beberapa langkah saja. Selamat mencoba ya !!

0 Response to "Cara Mudah Menggunakan Fitur Share Location di Whatsapp"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel